Bagian Bagian Kamera Digital SLR

Bagian Bagian Kamera Digital SLR Beserta Fungsinya– Info Yang Harus Di Ketahui

Bagian Bagian Kamera Digital Bagian Bagian Kamera Digital SLRPengertian kamera. Kamera yaitu alat sangat popular didalam kegiatan fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bhs latin untuk “ruang gelap”, mekanisme awal untuk memproyeksikan penampilan dimana satu ruangan berperan layaknya langkah kerja kamera fotografis yang moderen, jika tak ada langkah pada saat itu untuk mencatat penampilan gambarnya tak hanya dengan manual ikuti jejaknya.

Anatomi kamera. Anatomi kamera minimal terdiri atas :

  • Badan
  • Lensa

Badan yaitu sisi yang sekalipun kedap sinar. Didalam sisi ini sinar yang telah difokuskan oleh lensa dapat diatur supaya pas membakar film. Untuk kamera tujuan seni fotografi, umumnya ditambahkan sebagian tombol pengatur, diantaranya :

Bagian Bagian Kamera Digital SLR badan Bagian Bagian Kamera Digital SLRPengatur iso/asa film

Pentaprisma, berperan untuk membalikkan cahaya gambar yang masuk supaya bisa dilihat pada view finder.

Cermin pantul, berperan untuk memantulkan cahaya gambar yang masuk ke penta prisma.

Tirai rana, berperan sebagai tirai yang bisa terbuka, untuk melewatka cahaya gambar yang sudah ditentukan supaya bisa membakar film.

Shutter speed

Aperture ( bukaan diafragma )

Sisi luar ( outside ) body, meliputi :

Jendela bidik ( viewfinder ), berperan untuk lihat object yang dapat difoto.

Tombol pelepas rana ( shutter release button ), berperan sebagai pembuka tirai rana.

Pengatur kecepatan rana ( shutter speed dial ), berperan untuk mengatur waktu kecepatan rana yang dapat terbuka saat membakar film. Speed ini memiliki nilai perdetik ; semisal angka tunjukkan 60, bermakna lama rana dapat terbuka sepanjang 1/60 detik. Untuk speed b, rana dapat membuka sepanjang kita menghimpit shutter release. Angka speed umumnya : , 2, 4, 8, 15, 30, 60, 125, 250, 500, 1000, 2000.

Pengatur asa/iso, berperan untuk sesuaikan harapan film yang dapat kita pakai. Pada type kamera otomatis, umumnya pengaturan segera sesuai.

light mtr. ( pengukur pencahayaan ), berperan untuk sesuaikan pencahayaan yang dapat kita pakai. umumnya jenis kamera yang tidak sama memiliki jenis pengukuran yang tidak sama, tetapi sama tujuannya yakni mendapatkan pencahayaan yang pas.

tombol pelepas film ( film advance lever ), berperan untuk melepas kunci film sebelum saat digulung. serta cuma ada pada kamera-kamera manual.

pemutar film ( film rewinder ), berperan untuk memutar film jika film habis terpakai.

hotshoe, sebagai dudukan flash atau lampu kilat yang ada di punggung kamera.

Bagian Bagian Kamera Digital SLR Lensa Bagian Bagian Kamera Digital SLRdepth-of-field-preview ( tombol area tajam ), sisi ini menahan selaput diafragma kebawah bersamaan saat kita mengatur diafragma, hingga anda bisa menaksir area tajam. wlaupun perihal ini tidak terlampau penting, perihal tersebut merupakan suatu hal yang tidak seutuhnya mesti kita lupakan.

soket kabel sinkro, sesuatu sarana berupa lubang untuk menghubungkan flash saat diperlukan flash tambahan.

self timer, berperan sebagai pengatur waktu otomatis tanpa menghimpit tombol shutter release untuk hindari goncangan kamera. berperan juga saat anda pingin memasukkan diri saat photo bersama/kelompok.

multi-expose/double expose, berperan untuk menggandakan sebagian pemotretan didalam satu frame.

bila dibutuhkan dapat juga ditambah peralatan :

  • blitz ( atau lebih umum diebut flash )
  • tripod
  • lightmeter
  • lensa

blitz kamera Bagian Bagian Kamera Digital SLRberupa silinder serta diletakkan di depan badan kamera. lensa dapat fokus sinar hingga dihasilkan bayangan sesuai ukuran film. lensa dikelompokkan sesuai panjang focal lenght ( jarak pada ke-2 lensa ). focal lenght merubah besar komposisi gambar yang dapat dihasilkan. didalam masyarakat umum, lebih dikenal dengan arti zoom. untuk kamera slr, lensa dilengkapi dengan diafragma yang mengatur banyaknya sinar yang masuk sesuai hasrat fotografer.

This entry was posted in Kamera and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Bagian Bagian Kamera Digital SLR

  1. Pingback: Kegunaan Kamera Digital Dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>